13 Juni 2024
membuat gummy

Sumber: Image by <a href="https://pixabay.com/users/alexas_fotos-686414/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1618073">Alexa</a> from <a href="https://pixabay.com//?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1618073">Pixabay</a>

Hai Sobat Web Warta! Siapa yang tidak suka dengan gummy? Permen kenyal ini selalu menjadi favorit banyak orang, dan tahukah kamu bahwa membuat gummy sendiri di rumah tidak sulit? Dalam artikel ini, kita akan membahas tips-tips sederhana untuk membuat gummy yang lezat dan nikmat. Yuk, simak bersama!

Persiapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama dalam membuat gummy adalah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan kamu memiliki gelatin, air, gula, sirup glukosa, dan perasa atau pewarna makanan sesuai selera.

Pilih Bentuk dan Cetakan yang Menarik

Agar gummy terlihat lebih menarik, pilihlah cetakan dengan bentuk yang unik dan lucu. Cetakan berbagai bentuk seperti buah, hewan, atau karakter favorit akan membuat gummy lebih menggoda.

Panaskan Campuran dengan Lembut

Untuk membuat gummy kenyal, panaskan campuran gelatin, air, gula, dan sirup glukosa dengan lembut. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik dan tidak ada gumpalan.

Tambahkan Perasa atau Pewarna Makanan

Agar gummy memiliki rasa yang sesuai selera, tambahkan perasa seperti ekstrak buah atau vanila. Jangan lupa untuk menambahkan pewarna makanan jika ingin memberikan warna pada gummy.

Gunakan Sirup Glukosa untuk Kekenyalan

Sirup glukosa berperan penting dalam memberikan kekenyalan pada gummy. Pastikan untuk menggunakannya sesuai takaran yang diperlukan agar hasilnya benar-benar kenyal dan lezat.

Bekukan dalam Cetakan

Setelah campuran gummy siap, tuangkan ke dalam cetakan dan biarkan beku. Diamkan dalam freezer atau lemari es selama beberapa jam hingga gummy benar-benar keras dan siap untuk dinikmati.

Taburkan Gula Halus untuk Tampilan Ekstra

Agar gummy terlihat lebih menarik, taburkan sedikit gula halus atau pati jagung pada permukaannya setelah keluar dari cetakan. Ini akan memberikan tampilan yang lebih menggoda.

Eksperimen dengan Bahan Tambahan

Jika ingin menambahkan variasi pada gummy, jangan ragu untuk bereksperimen dengan bahan tambahan. Misalnya, tambahkan potongan buah kering atau kacang cincang untuk rasa dan tekstur yang berbeda.

Simpan dalam Wadah Tertutup

Setelah gummy keras dan siap dimakan, simpanlah dalam wadah tertutup agar tetap segar dan kenyal. Hindari paparan udara yang berlebihan untuk menjaga kualitas gummy.

Bagikan Karya Kulinermu!

Setelah berhasil membuat gummy sendiri, bagikan karya kulinermu kepada teman dan keluarga. Siapa tahu, mereka juga ingin mencoba membuat gummy sendiri setelah mencicipi kelezatannya.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *