13 Juni 2024
membuat susu kedelai

Hai Sobat Web Warta! Siapa yang tidak suka dengan segarnya susu kedelai? Ketahui juga tentang penyebab earphone sering mati. Selain enak, susu kedelai juga kaya akan nutrisi. Nah, kali ini kita akan berbagi tips tentang cara mudah membuat susu kedelai sendiri di rumah. Yuk, simak!

1. Siapkan Bahan-Bahan Berkualitas

Untuk mendapatkan susu kedelai yang lezat, pastikan bahan-bahan yang kamu gunakan berkualitas baik. Pilih kedelai yang masih segar dan bebas dari bau yang tidak sedap.

2. Rendam Kedelai Semalam

Rendam kedelai dalam air selama semalam untuk memudahkan proses penghalusan dan menghilangkan zat-zat antinutrisi. Pastikan air rendaman cukup menutupi kedelai.

3. Proses Penggilingan

Setelah direndam, proses penggilingan kedelai dengan menggunakan blender atau mesin penggiling. Tambahkan air secukupnya untuk mempermudah proses ini.

4. Saring Ampas Kedelai

Setelah kedelai halus, saring ampas menggunakan kain saring atau saringan khusus untuk mendapatkan sari kedelai yang bersih. Tekan ampas dengan spatula untuk mendapatkan hasil ekstraksi maksimal.

5. Panaskan Cairan Kedelai

Panaskan cairan kedelai yang sudah disaring hingga mendidih. Pastikan untuk selalu diaduk agar susu kedelai tidak menggumpal.

6. Tambahkan Pemanis dan Pengharum (Opsional)

Jika ingin menambahkan rasa manis, kamu dapat menambahkan gula atau pemanis alami seperti madu. Selain itu, tambahkan vanili atau kayu manis untuk aroma yang sedap.

7. Dinginkan dan Simpan dalam Wadah Bersih

Setelah dimasak, dinginkan susu kedelai dan simpan dalam wadah bersih. Sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

8. Kreatifitas dalam Penggunaan

Susu kedelai yang kamu buat bisa digunakan untuk berbagai resep, seperti smoothie, bubur, atau bahkan dalam membuat kue. Biarkan kreativitasmu melebur!

9. Rutin Membuat dan Nikmati

Buat susu kedelai secara rutin agar kamu selalu memiliki stok yang cukup di rumah. Dengan begitu, kamu bisa menikmati segarnya susu kedelai kapan saja.

10. Bagikan Resep kepada Teman-Teman

Terakhir, bagikan resep susu kedelai ini kepada teman-teman Sobat Web Warta agar mereka juga bisa menikmati susu kedelai segar buatan sendiri!

Sampai Jumpa di Resep Menarik Berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *